Halo Lumajang @ Relawan Semeru Gelar Jagongan Antisipasi Bencana @ FPBI-Laskar Semeru Pakai Google Earth Petakan Jalur Evakuasi @ Relawan Akan Gunakan Pengeras Suara Mushola untuk Evakuasi @ Luncuran Lava Pijar Semeru Mengarah ke Timur @ Luncuran Awan Panas Bisa Capai ke Pemukiman 7 menit @ BPBD: Warga Jangan Termakan Isu-Isu Menyesatkan ;/span>

UPTD PU Terus Pantau Jalan Rusak

Kondisi curah hujan yang cukup tinggi di kabupaten Lumajang akan dapat mempengaruhi kondisi jalan, baik jalan Propinsi, jalan Kabupaten maupun jalan Desa, sebab jalan-jalan tersebut akan tergerus hujan dan lambat laun kondisi jalan akan rusak. Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Lumajang Ir. Nugroho Dwi Atmoko untuk mendeteksi secara dini kerusakan jalan maka kepada setiap UPTD PU yang ada di masing-masing Kecamatan diperintahkan untuk memonitor dan apabila ditemui kerusakan yang membayakan pengguna jalan akan segera dilakukan perbaikan.

Menurut  Nugroho ada dua sistim perbaikan jalan-jalan yang rusak, dua sistim perbaikan itu bersifat darurat dan bersifat permanen dengan tetap mengacu pada ketersediaan anggaran.

Perihal seringnya terjadi genangan yang di akibatkan oleh hujan, dimana hal ini merupakan faktor penyebab utama rusaknya jalan-jalan raya, utamanya yang ada di dalam kota Lumajang. PU telah melakukan koordinasi dan kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup. dan dari hasil pantauan dilapangan bahwa rata-rata terjadinya genangan air hujan itu disebabkan oleh sempitnya saluran air yang ada dipinggir jalan sehingga ketika terjadi hujan lebat banyak sampah yang hanyut, tersangkut dan akhirnya menutupi saluran tersebut, sehingga meluap ke jalan dan terjadi ah genangan air. Namun tentunya hal ini bukan hanya tugas dari PU saja, tapi masyarakat diminta juga ikut menjaga saluran air dan kebersihan lingkungannya. (HB/h-ris)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes