Halo Lumajang @ Relawan Semeru Gelar Jagongan Antisipasi Bencana @ FPBI-Laskar Semeru Pakai Google Earth Petakan Jalur Evakuasi @ Relawan Akan Gunakan Pengeras Suara Mushola untuk Evakuasi @ Luncuran Lava Pijar Semeru Mengarah ke Timur @ Luncuran Awan Panas Bisa Capai ke Pemukiman 7 menit @ BPBD: Warga Jangan Termakan Isu-Isu Menyesatkan ;/span>

Disnakertrans Kabupaten Lumajang Adakan Pelatihan dan Tes Karyawan Bank


               Dalam rangka meningkatkan mutu dan taraf hidup masyarakat, dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lumajanghari ini menyelenggarakan pelatihan dan ujian atau tes bagi calon tenaga kerja. Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul Sembilan pagi waktu setempat hingga  pukul dua siang. Peserta dari pelatihan ini tidak hanya diikuti oleh calon tenaga kerja di wilayah kabupaten Lumajang saja, tapi hingga ke luar kota seperti Jember dan Probolinggo. Kegiatan ini diadakan atas kerjasama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) kabupaten Lumajang dan beberapa bank. Hal ini dilakukan agar mengurangi  angka pengangguran di kabupaten Lumajang. peserta tes diwajibkan untuk mengisi formulir yang telah disediakan pihak panitia, kemudian peserta juga harus mengikuti tahap-tahap seleksi. Ada empat tahap yng harus dilaksanakan oleh peserta, tahap pertama yaitu pengisian formulir, tahap kedua peserta diminta untuk menjawab pertanyaan yang telah ada dalam lembaran soal tes, tahap ke tiga yaitu peserta yang lolos ke tahap selanjutnya akan menjalani tahap wawancara atau interview, dan tahap terakhir yaitu tes kesehatan yang akan diadakan di Surabaya dan di Jember. selanjutnya peserta yang telah lolos menjalani semua tes akan dibawa ke Surabaya untuk menjalani pelatihan lanjutan atau training.
                Menurut bu Lilik, salah satu staff di Disnakertrans Lumajang, kegiatan pelatihan dan tes sering dilakukan , baik itu di dalam lingkup dinas maupun di daerah-daerah  khususnya di kabupaten Lumajang. sosialisasi ini di lakukan oleh seluruh anggota dari masing-masing kelompok kemudian di sebar di seluruh  kecamatan hingga desa. Hal ini dilaksanakan agar masyarakat paham dan mengerti bagaimana cara mencari pekerjaan serta jika ada salah satu anggota keluarga atau masyarakat setempat yang belum memiliki pekerjaan, diharapkan setelah mengikuti penyuluhan tersebut dapat memperoleh pekerjaan.
                Penyuluhan yang dilakukan di desa-desa  meliputi  bagaimana cara mencari pekerjaan yang sesuai, bagaimana cara menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan juga pemberitahuan lowongan pekerjaan apa saja yang seddang dibutuhkan saat ini, juga member pengetahuan tentang manfaat transmigrasi agar masyarakat tidak salah persepsi mengartikan kata Transmigrasi. (EM)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes