Halo Lumajang @ Relawan Semeru Gelar Jagongan Antisipasi Bencana @ FPBI-Laskar Semeru Pakai Google Earth Petakan Jalur Evakuasi @ Relawan Akan Gunakan Pengeras Suara Mushola untuk Evakuasi @ Luncuran Lava Pijar Semeru Mengarah ke Timur @ Luncuran Awan Panas Bisa Capai ke Pemukiman 7 menit @ BPBD: Warga Jangan Termakan Isu-Isu Menyesatkan ;/span>

Abu Semeru Guyur Kawasan Aliran Besuk Sat Pasrujambe

Gunung Semeru yang terus mengeluarkan luncuran lava pijar dan menciptakan awan panas kecil. ternyata, abu semeru sudah mengguyur pemukiman warga di Desa/Kecamatan Pasrujambe di wilayah aliran sungai Besuk Sat, Selasa(07/02/2012).

Data yang diterima BPBD Lumajang dari pemantau aliran lahar semeru di Besuk Sar, abu yang menguyur wilayah pasrujambe masih intesitas kecil. Bahkan, guyuran abu semeru sudah terjadi sejak, senin(06/02/2012) . "Laporan sudah masuk ke kami dan sudah dilakukan pengecekan," ujar Hendro, Kabid Kesiap Siagaan BPBD Lumajang.Dia menambahkan, hasil pemantaun dilapangan, abu yang menempel di dedaunan dan pemukiman warga memang dari Gunung Semeru. "Soal abu semeru dari mana asalnya apakah letusan atau abu guguran awan panas," jelasnya.

Hingga saat ini, BPBD terus melakukan koordinasi dengan Petugas Pemantau Gunung Semeru di POs Gunung Sawur di Desa Sumber Wuluh Kecamatan Candipuro. Data sismik Semeru, terjadi 74 kali gempa normal 2-32 mm (30-150 detik), 18 Kali Gempa Guguran  1-5 mm (35-956 detik) dan 5 kali gempa tektonik jauh 7-32 mm (90-532 detik).

2 komentar:

Toko Online Ramuan Madura mengatakan...

waspada klo di sekitar gunung aktif

Pariwisata Lumajang mengatakan...

mantap gan, panorama yang indah yang mampu menginspirasi masayarakat jawa timur dan indonesia pada umumnya. sukses selalu.... kunjungi juga blog kami tentang panorama Kabupaten Lumajang... trima kasih...

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes