Halo Lumajang @ Relawan Semeru Gelar Jagongan Antisipasi Bencana @ FPBI-Laskar Semeru Pakai Google Earth Petakan Jalur Evakuasi @ Relawan Akan Gunakan Pengeras Suara Mushola untuk Evakuasi @ Luncuran Lava Pijar Semeru Mengarah ke Timur @ Luncuran Awan Panas Bisa Capai ke Pemukiman 7 menit @ BPBD: Warga Jangan Termakan Isu-Isu Menyesatkan ;/span>

PU Lega, Masyarakat Nikmati Jalan Mulus

Meski masih dirasa banyak hal terkait dengan pemenuhan pembangunan ruas-ruas jalan di Kabupaten Lumajang harus dipikirkan dan direncanakan lebih lanjut, Dinas PU boleh bernapas lega di awal tahun 2012 ini, karena masyarakat saat ini banyak yang telah merasa gembira bisa menikmati perjalannya diatas ruas jalan yang mulus, demikian ungkap Kepala Dinas PU Lumajang Ir. Nugroho Dwi Admoko saat dijumpai di kantornya.


Nugroho selaku Pimpinan Dinas yang menangani berbagai kegiatan yang terkait dengan pembangunan fisik, termasuk persoalan infra struktur jalan di Kabupaten Lumajang mengaku lega karena menurut pengamatannya ruas-ruas jalan yang telah tuntas dibangun membuat masyarakat pengguna jalan merasa lebih nyaman dalam mengendarai kendaraannya untuk bepergian maupun aktifitas ekonomi, namun disisi lain dirinya tidak boleh tinggal diam untuk senantiasa memikirkan pembangunan infra struktur jalan kedepan untuk kepentingan rakyat.
Ketika ditanya tentang pelaksanaan pembangunan beberapa paket ruas jalan yang didanai APBD tahun 2011 lalu, sosok yang sangat akrab dengan wartawan ini menggambarkan bahwa tugasnya selaku pembantu Bupati Lumajang di bidang tehnis terkait dengan infra struktur jalan ini merasa bahwa upaya pemerintah sudah optimal sejak dari perencanaan hingga pembangunannya. Memang disana sini banyak yang perlu ditingkatkan kualitas maupun kuantitasnya, namun jujur, dari jalan-jalan yang saat ini telah mulus itu perjalan pembangunannya tidak semulus jalan itu. Ada beberapa romantika histori dan politik didalamnya.

Dari beberapa ruas jalan yang pembangunannya benar-benar diharapkan oleh masyarakat terpaksa ada beberapa yang perlu diakui belum memenuhi keinginan, karena terjadinya 2 paket jalan yang tidak memenuhi syarat sebagaimana kontrak, maka terpaksa dilakukan putus kontrak. Atau kenyataan diketahui bersama bahwa keterlambatan APBD juga akhirnya mengakibatkan molornya memulai pembangunan jalan, maka itu otomatis menyebabkan terlambatnya pembangunan jalan tertentu. Kita tidak perlu menyalahkan siapa-siapa, namun perlu disadari bahwa pembangunan disisi manapun pasti tidak lepas dengan dukungan politik dan kebijakan yang berpihak pada rakyat, termasuk persoalan pembangunan jalan di Lumajang.

Beberapa jalur jalan dirasakan manfaatnya oleh rakyat, maka karena dana pembangunan jalan itu berasal dari rakyat dan pembangunannya secara tehnis dilaksanakan melalui Dinas Pekerjaan Umum, maka rakyatlah yang berhak bahagia, sedangkan pemerintah adalah sebagai lembaga yang melaksanakan amanah rakyat.(ciz/*)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes