Halo Lumajang @ Relawan Semeru Gelar Jagongan Antisipasi Bencana @ FPBI-Laskar Semeru Pakai Google Earth Petakan Jalur Evakuasi @ Relawan Akan Gunakan Pengeras Suara Mushola untuk Evakuasi @ Luncuran Lava Pijar Semeru Mengarah ke Timur @ Luncuran Awan Panas Bisa Capai ke Pemukiman 7 menit @ BPBD: Warga Jangan Termakan Isu-Isu Menyesatkan ;/span>

Talingdal Sudah Kantongi Izin Pemangkasan Pohon Dari Bupati

Sejak akhir Desember 2011 yang lalu Dinas Kebersihan dan Pengelolaan Lingkungan Lumajang, telah melakukan pemangkasan pohon-pohon besar yang ada di tepi jalan, hal ini terkait dengan tingginya curah hujan dan seringnya terjadi angin kencang, sehingga sangat membahayakan para penggunan jalan diseluruh Kabupaten Lumajang. Demikian penjelasan kepala dinas kebersihan dan pengelolaan lingkungan Lumajang Sulsum Wahyudi, S. Km., ketika dikonfirmasi saat berada di kantornya, pohon-pohon yang paling rawan tumbang atau patah adalah pohon-pohon yang ada sepanjang jalan Lumajang menuju senduro, bahkan sebelumnya sudah terjadi pohon tumbang, namun tidak sampai membawa korban.

Menurut Sulsum Wahyudi, untuk melakukan pemangakasan atau penebangan pohon yang usianya sudah tua, memang perlu ada izin khusus dari Bupati, hal ini sesuai dengan aturan yang ada, untuk izin pemangkasan atau penebangan pohon dipinggir jalan katanya sudah keluar, bahkan pihaknya sudah melaksanakan pemangkasan itu dengan mengerahkan seluruh anak buahnya.
Hanya saja kata Sulsum Wahyudi, pihaknya masih kekurangan peralatan berat, dan hanya memiliki satu alat atau kendaraan berat. Sehingga ketika semua wilayah Kecamatan mengajukan permintaan untuk penebangan pohon pihaknya merasa kewalahan, dan jalan satu-satunya adalah menjadwal mereka, termasuk mereka yang meminta agar lampu penerangan jalan segera diperbaiki, karena sudah lama lampunya tidak menyala.
Terkait dengan kekurangan peralatan untuk perbaikan Penerangan Jalan Umum (PJU) dan pemangkasan pohon yaitu kendaraan mobil Hidrolis hanya satu unit, maka pihaknya sudah mengajukan permintaan jepada Pemkab Lumajang, agar kendaraan Hidrolisnya ditambah lagi, kemungkinan tahun 2012 ini pihaknya mendapat tambahan kendaraan Hidrolis.
Terkait dengan tingginya curah hujan dan seringnya terjadi angina kencang diwilayah kabupaten Lumajang, pihaknya berharap kepada seluruh masyarakat Lumajang utamanya para pengedara motor atau mobil agar cukup berhati-hati, dan kalau ada hujan lebat di barengi angin kencang agar berhenti sejenak, hal ini untuk menghindari terjadinya kecelakaan apabila terjadi pohon tumbang dan sebagaimana, dengan demikian maka nyawanya akan selamat. (HB).

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes