Halo Lumajang @ Relawan Semeru Gelar Jagongan Antisipasi Bencana @ FPBI-Laskar Semeru Pakai Google Earth Petakan Jalur Evakuasi @ Relawan Akan Gunakan Pengeras Suara Mushola untuk Evakuasi @ Luncuran Lava Pijar Semeru Mengarah ke Timur @ Luncuran Awan Panas Bisa Capai ke Pemukiman 7 menit @ BPBD: Warga Jangan Termakan Isu-Isu Menyesatkan ;/span>

Semeru Kembali Luncurkan Lava Pijar Sejauh 100 Meter

Gunung Semeru kembali meluncurkan guguran lava pijar sejauh sekitar 100 meter dari bibir kawah pada Selasa dini hari, 17 Januari 2012. Luncuran guguran lava pijar itu terlihat sekitar pukul 02.18 WIB mengarah ke tenggara, tepatnya pada alur bukaan Kawah Jonggring Seloka. Luncuran lava pijar itu dilaporkan tidak menimbulkan awan panas guguran kendati pada pagi ini terlihat asap putih yang bergulung di lereng Gunung Semeru.


Informasi yang diperoleh dari relawan bencana Laskar Semeru menyebutkan sinar api diam sudah tidak teramati sejak beberapa hari terakhir ini. "Hanya teramati satu kali guguran lava pijar sejauh 100 meter. Kami mendapat informasi tersebut dari Pos Pemantau Gunung Api Gunung Semeru di Gunung Sawur," kata Suharyono, Ketua Laskar Semeru.

Kendati demikian, kata Suharyono, warga setempat masih tenang-tenang saja. "Namun, kami tetap waspada dengan gejala-gejala aktivitas Gunung Semeru ini," katanya. Beberapa waktu sebelumnya, terjadi luncuran guguran lava pijar sejauh 300 meter pada arah yang sama dengan kejadian dini hari tadi.

Suparno, Kepala Pos PGA Gunung Semeru di Gunung Sawur, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, tidak bersedia memberikan pernyataan ihwal luncuran guguran lava pijar sejauh 100 meter itu.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes